Wednesday, March 14, 2012

March 14, 2012




Gita Kencana awalnya terbentuk pada tahun 2008, Gita Kencana pertama kali di prakarsai oleh I Putu Beny Pradnyana.Awalnya timbul pertanyaan di benak Beny " Apakah di PGSD tidak ada orang yang ingin berkreatifitas dengan gambelan",hal tersebut dilatar belakangi oleh situasi yang begitu berbeda dengan kenyataannya.Di PGSD ada seperangkat Gambelan tetapi tidak ada yang menggunakan.

Selang beberapa waktu di UNDIKSHA di adakan lomba bondres dalam rangka Dies Natalis UNDIKSHA, PGSD yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan tidak mendapatkan juara karena kekurangan anggota.Untuk itu, Beny dan rekan-rekan berusaha menggali potensi-potensi yang ada di bidang seni tabuh di PGSD untuk membentuk sebuah Sekaa.

Pada awalnya anggota yang terkumpul adalah anggota yang benar-benar belum bisa menabuh, dari sana Beny dan rekan-rekan mulai berlatih sampai bisa Ngaturang ayah untuk yang pertama kalinya di parahyangan kampus PGSD Jalan Jatayu singaraja.Semangat dari Beny dan rekan-rekan sangat tinggi dalm mengikuti lomba.Pada saat perayaan Dies Natalis berikutnya kembali mengikuti lomba bondres dan mendapat juara III di UNDIKSHA.
Karena merasa perlu adanya regenerasi pengurus di Sekaa, akhirnya Beny dan rekan-rekan menunjuk salah satu rekan anggotanya untuk melanjutkan perjuangannya. I Wayan Merta Yasa salah satu anggota sekaa dipercaya untuk melanjutkan perjuangan sekaa.Mulai akhir tahun 2009- Sekarang Merta menjadi Ketua Sekaa .Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dibawah koordinasinya sekaa juga masih aktif mengikuti lomba-lomba di UNDIKSHA, masih sama seperti sebelumnya pada serangkaian Dies Natalis UNDIKSHA Sekaa juga mengikuti lomba bondres antar fakultas dan mendapat Juara I tahun 2010 dan juara II tahun 2011.
Sekaa Gong Gita Kencana juga aktif menjadi pengisi acara pada kegiatan-kegiatan kampus diantaranya:

MGS ( Malam Gelar Seni )
MK ( Malam Kekeluargaan)
PRB ( Pemilihan Remaja Berbudi Pekerti )
Dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat insidental.
Hal yang menarik di Sekaa Gita Kencana adalah adanya Sekaa Gong Putri yang beranggotakan 42 orang yang dibagi kedalam dua kelompok.Sekaa Gong putri ini juga sudah pernah tampil pada saat pembukaan MGS (Malam Gelarn Seni) tahun 2010. Antusias dari penabuh putri sangat baik, itu terbukti dari semangat dalam mengikuti latihan.

kegiatan kegiatan Sekaa Gong Gita Kencana tak lepas dari binaan salah seorang rekan kami yaitu Putu Guna Atmaja yang selalu menuangkan Ide-ide kreatifnya ketika latihan sehingga membuahkan hasil yang memuaskan.Pada Bulan November tahun 2011 Sekaa Gong Gita Kencana akan menampilkan pagelaran calonarang pada acara MGS PGSD serangkaian Hari ulang tahun Jurusan PGSD.Persiapan sudah dilakukan dari 3 bulan bulan sebelumnya. untuk saat ini, Gita Kencana sudah berganti ketua. ketua yang baru yaitu Nyoman Doni Pramana

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Berkomentar